Selasa, April 17, 2012

yuniversal coverej

serius dikit,
membekali diri dengan sedikit pengetahuan yuniversal coverej 2014 (UC14) yang besok akan di rakor kan
#sengaja nggak nulis dengan ejaan yang bener biar orang2 yang mencari tahu tentang hal itu nggak nyasar ke blog saya ini. 


UC14 itu... mimpi indonesia yang istimewa
dai tahun 2014 nanti cita-citanya seluruh warga negara indonesia, yang saat ini sudah maupun belum tercover jaminan kesehatan apapun, saat itu akan terjamin pembiayaan kesehatannya.  waw.
pelayanan kesehatan pun sedang akan disiapkan untuk menghadapi perwujudan cita-cita ini: rumah sakit mulai diajak untuk mengusulkan penambahan kapasitas untuk pelayanan kelas tiga.  nanti dananya dibantuin sama pemerintah.
kurang baik apa coba pemerintah indonesia ini?!

meninjau pada pelayanan gratisan yang diterima rakyat selama ini.
saya ikut askes.  tapi kemaren mau periksa tokso denger2 masih belum di-acc oleh pengelola askes setempat, padahal yang menyarankan kami (saya dan teman2) untuk tes tokso itu adalah dokter rujukan kami yang menurut beliau pemeriksaan ini tercover askes.  sedikit ribet, tapi berkas2 yang diperlukan itu udah diurusin sama dibo, temen saya. 
suami ikut jamsostek.  tempo hari sempat menemaninya ke pelayanan kesehatan dan sama sekali nggak ribet.  sama kayak pelayanan umum, cuma bedanya ini gratis.
asuransi lain? ribet.  pak fajar rekan saya bertugas mengurus klaim asuransi itu.  disini pasien non jamsostek musti bikin surat pengantar, minta blanko kemana, bikin surat kuasa, dsb. 

semoga UC14 ini nggak meribetkan pengguna jasanya.
perkara petugasnya yang ribet, nggak masalah.  toh mereka udah dibayar untuk ngerjain hal itu.  dan insyaallah kalo ikhlas dapet pahala :D pahala membantu pasien  heee
kalo pasiennya yang musti ribet: nggak tega.  udah sakit, kena musibah, kok ya masih diribetin sama urusan dokumen dokumen pengajuan klaim.

semoga UC14 ini bener2 bisa mencapai sasarannya: seluruh warga negara indonesia tanpa kecuali.
di luar negeri, UC ini butuh waktu yang lama banget buat bisa mencapai seluruh sasaran.  di costarica 20 tahun, di jerman 127 tahun.  di indonesia diharapkan 2 tahun dari sekarang sudah tercapai.  waw.  mimpi yang dahsyat!
apakah anda optimis?
saya kok enggak ya...
heheheeee

secara hal besar kayak gini biasanya diikuti keribetan birokrasi yang besar pula.
belum lagi, nggak semua orang yang ditunjuk untuk menjalankan ini memiliki komitmen yang bener.  indonesia gitu loh.... gayusnya ada aja ^^

bagaimanapun, cita-cita besar ini perlu diberi apresiasi.
dan apakah yang akan saya peroleh dari rakor esok?
we will see


3 komentar:

Tri Murni mengatakan...

Semoga... Semoga... Semoga... Gag hanya direncanakan saja... Tapi pelaksanaanya juga semaksimal bahkan lebih maksimal dri pemikiran awalnya

rahmaline mengatakan...

nggak terlalu optimis bisa mencapai ini dengan baik dan tepat waktu sih...
tapi segala sesuatu yang baik memang nggak akan jadi apa2 kalo nggak pernah DIMULAI.
mari kita sukseskan segala kebaikan!
merdeka!!!

Tri Murni mengatakan...

siiip.... semua akan ada hasilnya sesuai ke iklasan ke gigihan ikhtiarnya