Rabu, April 18, 2012

rakorkeskab menyongsong UCI 2014 lumajang (1)

yeyeye... rakorkeskab UCI (universal coverage insurance) nya udah selesai pas beduk tadi.  padahal saya pikir baru akan selesai sore-sore.  alhamdulillah.. pulang sangu nasi kotak :D

pertemuan kali ini dihadiri oleh orang-orang yang bergerak di bidang kesehatan.
dari puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan, organisasi profesi kesehatan (termasuk saya yang mewakili persakmi), ibu-ibu PKK, camat, dan oerganisasi masyarakat lain.

narasumber utama dari pertemuan ini adalah kadinkes lumajang, kabid sosbud bappeda lumajang, dan kasie pembayaran kesehatan dari dinas provinsi jawa timur.
saya (seperti yang sudah ditulis sebelumnya) duduk di barisan tengah nomor dua.  beberapa puluh sentimeter dari pak bupati.  hehe.

pak bupati saya ini, pak mazdar, dan wakilnya, pak as'at, selalu nggak ngebosenin deh kao ngasih sambutan.  beliau-beliau nggak pake teks.  langsung aja.
kata pak bupati, pas beliau di Aussie dulu, beliau punya kartu sakti 'medicare'.  dengan kartu itu, beliau bisa memilih pelayanan kesehatan dan pelayanan itu gratis.  diharapkan, kabupaten yang beliau pimpin ini juga udah bisa menerapkan universal coverage ini di tahun 2014.  mungkin dengan semacem kartu sakti begitu.
selebihnya, pak as'at menambahkan, bahwa kita juga musti menjaga kesehatan.  jangan mau sakit.  antara lain dengan banyak bergerak, dalam artian bukan hanya olahraga, tetapi bergerak untuk membantu sesama, menolong orang, memberi manfaat.  karena menurut beliau, penyakit itu bisa jadi hukuman dari tuhan bagi orang-orang yang kurang mau memberi manfaat bagi orang lain.
hm.. saya sepakat, pak!

abis pak bupati dan wakilnya ngomong, dilanjutin sama seprang Sp.KJ.  membahas tentang stop smoking. aduuuhhh.... boring deh.  cuz menurut saya nggak berkaitan langsung sama UC14 ini.  apalagi pas udah sebut merek obat yang bisa membantu mengurangi ketergantungan merokok.  hhh... iklan banget deh.  zzzzz.....

mulai semangat pas pak yudha maju.  bukan karena bapak ini ganteng (tapi nggak seganteng suami saya sih), tapi karena orang ini dari bappeda.. bappeda itu organisasi yang paling sering ngeriwuki bagian saya (sungram-nya RS), dan lagi judulnya so UC14 (lupa tepatnya apa).
menurut bappeda:
  • masalah kesehatan di lumajang ini terutama pada akses (tempat), keterjangkauan (biaya), nan mutu pelayanan yang belum optimal
  • di tahun 2011, anggaran kesehatan dari APBD kabupaten meningkat sekitar 22% dari tahun sebelumnya menjadi 68milyar.  dengan bantuan dana kesehatan ini, akses masyarakat terhadap layanan kesehatan meningkat, tapi peningkatan ini ternyata nggak meningkatkan status kesehatan masyarakat karena fasilitas kesehatan dasar belum memadai
  • meningkatkan kualitas hidup masyarakat (termasuk kesehatan) merupakan salah satu dari tiga prioritas utama pembangunan daerah lumajang
  • kemiskinan dan penyakit merupakan sesuatu yang saling terkait sehingga intervensi pemerintah perlu dilakukan pada keduanya.
  • laju penduduk lumajang saat ini (meski ada jampersal), cenderung menurun.  laju pertumbuhan 2011 adalah 0,38%.
  • jumlah penduduk lumajang 1.182.543 orang, dan baru 360.523 atau 30% saja yang tercover jaminan kesehatan (askes, jamsostek, jamkesmas, jamkesda).  berarti masih ada 70% yang belum memiliki jaminan kesehatan.
  • pembangunan kesehatan harus didukung oleh semua komponen pembangunan (ekonomi, hukum dan HAM, SDA dan Lingkungan hidup, infrastruktur, dll).
rencana bappeda
  1. peningkatan cakupan jaminan kesehatan semesta (UC) secara bertahap
  2. peningkatan pembiayaan yankes bagi orang miskin dan golongan rentan (bayi, ibu hamil, lansia).
untuk itu, perlu memperhatikan aspek regulasi (terkait badan penyelenggara, penerima, mekanisme, dll), aspek sarana dan prasarana, SDM, dan koordinasi lintas sektor(pemerintah, swasta, masyarakat).

---- to be continued ----
 

Tidak ada komentar: