Senin, April 23, 2012

karena keputusan itu melalui serangkaian pertimbangan

mulai merasakan mudah lapar sejak malem minggu kemaren deh kayaknya.
sore, makan roti krim yang minggu lalu suami pengen banget...
malemnya makan rame-rame sama temen-temen suami
pulang dari makan bareng itu, beli anggur merah sepertiga kilo, dimakan segera setelah kami nyampe kost
paginya mengganjal perut dengan sebungkus sus coklat
agak siang, sarapan di warungnya bu titin
menjelang balik ke lumajang, sebentar sebelum ashar: makan siang di mie lekker
baru naik bis udah berasa laper, nyampe probolinggo makan soto ayam
menjelang tidur jam 9pm udah berkukuruyuk lagi perut ini,  haduuuu....
berhubung males makan lagi antara lain karena males mau gosok gigi lagi dan udah ngantuk dan yang paling penting sebagai alasan adalah karena nggak punya sesuatu untuk dimakan, maka saya memutuskan untuk cepet2 tidur sebelum lapar makin menggila.


mengantisipasi terjadinya gempa susulan yang berpusat di perut, hari ini saya membawa bekal dua potong kue.  bikang dan roti spon.  apalagi tadi pagi saya makan bubur ayam saja, bukan makan nasi.

kenapa makan bubur ayam?
1. karena di majjic com masih ada nasi, entah nasi jaman kapan, saya nggak bisa makan nasi yang geje pun tak bisa membuangnya.
2. kalo beli nasi bungkus di tempat biasa, biasanya saya nggak abis (karena lauknya dikit dan mengandung tahu.  saya nggak doyan tahu yang udah dingin.
3. mau beli di warung depan, jam 6 lewat masih belum mateng, padahal hari ini saya berencana berangkat pagi.
jadi menurut saya bubur ayam itu aman dari risiko membuang-buang makanan.

begitulah
setiap keputusan, pilihan, sesederhana apapun itu, saya yakin pasti telah memalui pertimbangan-pertimbangan (meski kadang pertimbangan itu hanyalah "gakpapa, pengen aja")
jadi saya nggak suka deh kalo keputusan saya diganggu gugat untuk kepentingan kamu-yang-nggak-ada-hubungan-apa-apa-sama-saya dan untuk keentingan-yang-nggak-penting-penting-banget
termasuk dalam hal tempat duduk di dalam bus.
kemaren karena tempat duduk yang paling depan sudah penuh, saya duduk di bangku nomer dua.  milih di tepi jalan agar akses pandangan saya ke depan lebih lapang, nggak semata-mata nengok ke jemdela: bikin leher sakit.
saya nggak keberatan pindah ato bahkan memberikan bangku saya pada orang-orang yang menurut saya membutuhkan: ibu yang bawa anak kecil, orang-orang jompo
tapi saya ituh keberatan kalo yang minta orang semalem yang nyuruh saya geser karena dia ogah duduk deket jendela dengan alasan tujuannya lebih dekat daripada tujuan saya.  yeeeee.........  alasan yang nggak penting.  kok ya nggak sekalian duduk di depan pintu keluar aja to yaaa kalo nggak mau ribet bilang permisi sama sebelahe saat turun nanti.  hhhhh..... 
daripada geser lalu sesak lalu duduk sama orang yang bikin saya ilfil sejak perjumpaan pertama, maka saya memutuskan: ya pes pek pek'en bangkukuuu... aku ngaleh waeeee...........

lalu memutuskan untuk pindah agak ke belakang, di bangku bertiga.  sendirian.  ransel saya di tengah sementara saya di bangku tepi jalam.  lalu saya tidur sejenak dengan bahagia ketika menyadari orang-yang-nyuruh-saya-geser-tadi ternyata tergeser posisinya oleh orang lain.  bapak-bapak berkaca mata.
posisi akhir: orang-yang-nyuruh-saya-geser-tadi mepet ke jendela.  hahahaha.

eh eh eh
dan ternyata pada akhirnya orang-yang-nyuruh-saya-geser-tadi turun lebih dulu dibanding bapak berkacamata yang duduk di tepi jalan yang sebangku dengannya.
hahahaha

pelajaran moral: hargai keputusan orang lain, sesederhana apapun itu.  karena setiap keputusan biasanya didasari selangkaian perimbangan.

Tidak ada komentar: