Senin, Mei 07, 2012

Pindah ktp. jadi penduduk d hati kamu

apakah kamu baru menikah?
apakah belahan jiwamu dari kota sebelah?
apakah kamu memutuskan mengikuti kewarganegaraannya?
jika iya.. tulisan kali ini mungkin berguna buat kamu.
ini based on true story.
ya, saya pindah ktp nih. ikut suami. uhuy!

karena kamu tinggal di indonesia, maka siapkanlah segunung kesabaran dan sebukit uang $$$ jangan dolar ya! apalagi rupee. cukup rupiah saja.
how much?
buat pemotretan n cetak foto 30.000
salam tempel ke pak rt 10.000
administrasi kelurahan-kecamatan 40.000 (ini saya pake bntuan orang kelurahan cuz g sempat urus sendiri. hee)
bikin skck 10.000
fotokopi ktp, kk, akta lahir, surat nikah, skck, masing2 10x (semua dokumen n foto 4x6 diminta 8 biji),, jg fc pengantar2. 10.000
admin dispenduk kota asal 50.000
separuh perjalanan aja udah abis 150.000.

intinya, minta pengantar ke kecamatan dulu. tentu saja melalui rt, rw, dan kelurahan. ini makan waktu dua mingguan.
setelah dapet surat keterangan pindah plus pengantar bikin skck dr kecamatan, saya ke polsek. minta pengantar lagi buat dibawa ke polres. langsung jadi.
di polres, bikin skck juga lgsung jd benernya.. tp td pejabat yg tanda tangan lg g d tempat. jadilah nunggu sampe jam 1 siang.
langsung cabut ke dispenduk. jangan lupa fc akte kelahiran. nunggu lg,, kalo yg tanda tangan ada bisa lgsung jadi. jam setengah 3 punya saya udah kelar. tinggal tgu giliran ketik amplop. dari dispenduk saya dpt 3 amplop: buat dispenduk kota tujuan, buat kecamatan, buat desa...

selanjutnya,, semoga lancarr.. amin!

Tidak ada komentar: