Senin, Juni 27, 2011

jika mudah mengapa dipersulit?

merasa ribet dengan birokrasi pemerintah indonesia?
ternyata sebagian temen kerja saya ada yang berpikir: kalo birokrasinya dipermudah, orang-orang itu akan menyepelekan dokumennya.
ooooo....

seperti kemaren,
ada pasien orang desa yang menghilangkan surat keterangan kelahiran dan akhirnya minta tolong sama perangkat desa sana untuk membantunya. berangkatlah perangkat desa itu ke rumah sakit kemarin.   sebenernya tinggal dibikinin aja langsung sama ruang perawatan dan jadilah.  tapi sama ruang masih di oper ke teman saya yang ngurus asuransi, akhirnya esoknya berangkat lagilah perangkat desa itu ke ruang temen saya yang kebetulan seruangan sama saya. trus sama temen ditanyain ke ruang perawatanan, akhirnya begini begitu.  bapak itu pun menunggu. sambil minum air mineral gelas yang saya suguhkan karena mengapresiasi kegigihan bapak tersebut untuk membantu warganya. beberapa jam kemudian jadilah....
harusnya kemaren selesai, tapi karena oper-operan itu, akhirnya hari ini baru selesai.

besoknya temen saya cerita... itu dilakukan biar gak mnyepelekan surat (yang kemaren sempat dihilangkan).  makanya dioper-oper gitu.
penting gak seh?????
mungkin penting juga ya....
karena faktanya, esoknya bapak perangkat desa itu dateng lagi, katanya kemaren warganya salah isi --" suratnya jadi salah deh.
sama temen saya langsung ditolak. gak bisa.  prosedur tamat.
hehehe.  padahal aslinya mungkin bisa aja sih, saking sebel aja, kemaren ilang, udah dibikinin lagi tanpa biaya bahkan dapet air mineral, eh,,,, disalahin ngisinya.  capekdeh.

saya sih sebenernya pengen yang lebih cepat lebih baik,
lebih sederhana lebih mudah.
tapi kalo diterapkan pada orang indonesia kebanyakan kayaknya emang makan ati......

orang indonesia (di jawa) kebanyakan yang saya maksud adalah yang suka gratisan, yang egois, maunya kepentingannya didahulukan, yang (karena kemudian dapet gratis dan didahulukan itu maka jadi) suka menyepelekan hasil yang diperolehnya atas jerih payah orang lain (yang megusahakannya untuk mendapatkan hal tersebut dengan mudah dan gratis), yang suka protes di mulut doang tapi slow di motion, yang kalo ngentut suka gak ngaku tapi kalo nemu uang suka ngaku-ngaku.
enggak saya banget.
hahaha
makanya saya gak pilih orang indonesia kebanyakan
saya pilih orang indonesia dengan sentuhan india *maksa*
yaaa,,,, dia yang gak jauh dari wajah-wajah shahrukh khan.  hehehehehehehehhh

Tidak ada komentar: