Senin, Juni 11, 2012

global warning

tau nggak sih, ternyata pemanasan global nggak cuma bikin es di kutub mencair sehingga beruang-beruang kutub bermigrasi ke tempat yang jauh.  konon, es yang mencair itu seluas California dan Texas.
tenyata pemanasan global juga bikin hati nurani sisi manusiawi ikutan lumer menjadi air yang lalu menguap kena panas.  hilang tak kasat mata.
sementara saya bukan beruang kutub yang bisa dengan merdeka bermigrasi ke tempat dimana mereka kiranya bisa hidup dalam tenang dan damai lebih lama.
saya manusia yang telah mengikatkan diri dengan segenap tanggung jawab di kutub ini.
sebuah rumah sakit milik pemerintah yang cukup diperhitungkan oelh masyarakat karena kelengkapan fasilitas dan keterjangkauan tarif pelayanannya, namun di dalamnya tak seindah bayangan.
kutub yang merah darah.

pertumpahan darah kemanusiaan yang terbaru adalah hilangnya motor temen seangkatan civil servant.
dugaan mengarah pada salah satu karyawan kebersihan.  alasannya?
-  beberapa hari sebelum hari H raibnya motor, kunci motor yang diletakkan di almari perawat hilang.  hilangnya kunci ini bukan pada jam berkunjung.  dicurigai ada orang dalam yang mengambilnya, yang mengarah pada si karyawan kebersihan karena pada saat itu hanya dia yang masuk ruangan.
- di tempat saya bekerja, pengunjung selalu diverivikasi karcis setiap akan mengambil motor parkir, sedangkan karyawan tidak.  ini juga bikin kecurigaan bahwa bukan orang luar yang ambil motor karena lolos dari awasan penjaga parkir.
- istri  si karyawan kebersihan ini akan melahirkan dalam waktu dekat yang mungkin bisa jadi salah satu motif curanmor.

astagfirullah.........
mngapa sebagian orang bisa begitu gelap mata?
atau mata saya yang telalu cerah sehingga mata mereka nampak begitu gelapnya?

lalu bisa apa?  pindah kerja ke tempat yang lebih aman?  atau membuat tempat ini lebih aman? bagaimana caranya?
insyaallah bisa.  tak mungkin tapi bisa seperti kata pak mario semalam.  usahakan yang baik-baik semampunya, jika sudah pada batas kemampuan Allah akan meneruskan dengan caranya sendiri sehingga upaya mu nggak akan pernah sia-sia.
jika saya pohon saya akan menjulurkan akar saya jauh dan dalam agar badan saya tumbuh rimbun, besar dan kuat.... menjadi salah satu dari mereka yang disebut paru-paru dunia.
kalopun ketika saya yang telah tua ditebang oleh mereka, saya nggak bakal jadi sekedar kayu bakar.
jika saya manusia saya akan mencari teladan yang menjadi motivasi agar saya bisa terus blajar dan tumbuh dalam kebaikan.  kebaikan untuk diri saya sendiri, keluarga saya, anak-anak saya....
saya sepertinya tidak mungkin menghentikan pemanasan global itu namun saya pasti bisa membatasi dampaknya agar tidak juga menggerogoti generasi dalam klan saya.

saya istri dari seorang lelaki yang sangat baik dan kami akan membesarkan anak-anak kami dalam kebaikan.  menjadi sebagian paru-paru dunia.

insyaallah.



Tidak ada komentar: