Rabu, Agustus 28, 2013

dunia pertanian yang aneh

produksi kedelai dalam negeri hanya mampu memenuhi 30% kebutuhan produksi tahu/tempe dan oleahan lainnya.  wawww...... kekurangan yang 70% itu diimpor.  lucuuuuu..... jadi makanan "sepele" berjudul tempe yang umumnya sama sekali nggak kelaihatan lebih keren daripada daging.... ternyata... kebayakan menggunakan bahan impor.





ternyata saya belum begitu mengenal dirimu, Indonesia
Indonesia yang saya tahu dari pelajaran-pelajaran sd jaman dahulu adalah negara agraris.  indonesia subur.  nanem kayu bisa jadi brownies tape kalo di bondowoso.
saya pikir potensi pertanian di indonesia ini saaaangat besar.  saya pikir petani indonesia ini cukup banyak. eee... ternyata yang saya pikir itu nggak sepenuhnya benar ya!
bawang, kedele, beras, gula, daging: petani luar lah yang menguasai.
bahkan buah-buahan juga ya?

kok bisa harga produk alam di luar negeri menjadi jauh lebih murah?
padahal mereka kena ongkir yang mahal, pajak-pajak, dll.
kok bisa petani disini yang padahal udah dihargai rendah tapi produknya tetap kalah murah sama produk luar itu?
pikiran saya nggak nyampek deh.
bokab saya bilang: hasil dari pertanian itu nggak seberapa.  yaa.. bokab saya petani juga (kerennya motivasi beliau jadi petani itu agar bisa ngajak orang-orang di desa sebelah kerja; sekarang udah 57; sudah cukup lelah, nggak lagi bertani seperti dulu: menikmati masa tua)

babe saya petani.... juga tidak bermewah-mewah hidupnya


kok bisa ya??
dunia pertanian itu aneh :/

Tidak ada komentar: