Jumat, Juli 26, 2024

eSIM Card, Yes or No?

Big YESSS kalau aku sih!!!

Kecanggihan jaman selalu bikin generasi Y (aku) terpana.  Selain earbud yang bisa dimisscall, sim card ghaib ini juga jadi persembahan teknologi yang luar biasa solutif di kehidupan manusia.

Sejak sekitar dua tahun silam aku pakai Samsung Galaxy Flip4 yang aku lupa pertimbangkan sebelumnya bahwa ternyata ia hanya bisa 1 sim card, sedangkan aku punya 2 kartu aktif di hp lamaku yang dual sim.  Saat Flip5 terbit aku bilang mungkin aku akan upgrade kalau besok si Flip udah bisa dual sim (sebagai korban penikmat drakor saat ini yang paling keren menurutku si Galaxy Flip). Dan saat ini di jaman kejayaan Flip6 aku baru tahu bahwa di dunia ini udah ada eSIM!!! Masyaallah. 

eSIM adalah SIM digital yang nggak ada wujudnya.  Kita bisa beli nomor baru (misal nih pingin nomor yang mengandung angka 1234 itu kita bisa cari di aplikasi provider masing-masing dan memprosesnya menjadi SIM ghaib tak kasat mata); pakai nomor lama kita yang sudah eksis juga bisa - ini gratissss - cuma perlu waktu dan kesabaran mengupload data yang di pengalamanku sempat beberapa kali gagal (sepertinya masalah koneksi ke server, bukan kegagalan tidak lolos verifikasi).  Gimana caranya? Gimping.  Sambil rebahan juga bisa. Di aplikasi provider, buka info akun dan cari menu ubah menjadi eSIM. Klik lalu ikuti arahannya.  Jadi deh.

Apakah bisa untuk semua handphone? Kalau di pengaturan handphone ada tulisan tambahkan eSIM, selamat!! handphone anda bisa untuk eSIM.  Saat ini belum semua perangkat bisa dipakai untuk sim ghaib.

Salah satu yang kemarin bikin maju mundur untuk mengubah wujud simcard ku menjadi ghaib adalah kekhawatiran keribetan urusan mobile banking, namun ternyata nggak ada kejadian apa-apa yang menyulitkan.  Dia tetap berfungsi sebagaimana selayaknya kartu nomor telepon.  Awesome!!  Mobile banking yang kudaftarkan dengan nomor eSim itu bekerja dengan baik di hp Flip ku ini.

Dan sepertinya hp yang support eSim bisa bawa banyak eSim lhoooo gak cuma satu (saat aku cek setting hp, menu tambahkan eSim masih ada)

Wah terimakasih banyak ya buat para ilmuwan yang menciptakan ini.  Kalian keren!!

Tidak ada komentar: