Selasa, Juli 03, 2012

renew my driving license

my driving license is expired on july looohhh
jadi sebage warga negara yang baik hati, dengan penuh kesadaran saya berusaha memperpanjang masa aktifnya.
meluncur ke tempat dimana saya dapet info dari internet kalo ada sim keliling di situ, tapi tadi nggak ada.  ya wes, langsung ke Samsat lumajang di deket SMA 3 (samsat yang deket RS cuma buat perpanjangan stnk).
membuat surat keterangan sehat disana seharga 20ribu dan mendapat penjelasan bahwa berhubung SIM lama saya adalah keluaran bondowoso, maka untuk bikin SIM di lumajang saya nggak bisa perpanjangan.  harus bikin baru.  kecuali ada pengantar dari bondowoso.
saya memutuskan bikin baru karena saya nggak sempat deh urus pengantar di kota asal saya itu.

mengantri setengah jam, ngobrol sama stranger.  lalu bareng-bareng ikutan tes teori.  satu kloter isi 20 orang.  saya dapet nomer 18. 
mengerjakan 30 soal secara elektronik.  tinggal pencet tombol gitu.... lalu hasil tesnya langsung keluar.  alhamdulillah saya lulus dengan nilai 74.  kalo mau lulus harus punya nilai minimal 60.
6 soal pertama mulanya saya salah 3 biji.  uh..
kok tau kalo salah?
karena tiap mau pergantian soal ada kunci jawabannya. jangan abaikan kunci jawaban ini...
beruntung di soal ke enam perangkatnya error sehingga kami musti mengulang dari awal :D
enam soal pertama pun bisa saya lalui dengan sempurna.
tes begini ini menambah pengetahuan berkendara...
dari nggak tau jadi tau.
salut deh buat satlantas indonesia!!

ngantri lagi ikut ujian praktek.
mendapat pengarahan dari petugas penilai.
track lurus dg kecepatan minimal 30 kmph, lalu ngerem sampe berhenti.  lalu zigzag.  belok.  dan melalui lintasan berbentuk angka 8.  setiap belokan musti diawali oleh penanda lampu sein.  dan apapun yang terjadi kaki nggak bole napak tanah.  harus tetep ada di motor.
hyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh
then i couldn't pass this test karena ini hari selasa bukan hari kamis, jadi kaki saya napak tanah (eh?! emang kuntilanak?!!), lalu menyenggol beberapa pembatas jalan sampe roboh.  hahahahahaha

selasa depan saya musti kesana lagi... buat ikut tes lagiiiiii
wish me luck ya!!!
kalo semua musti melalui prosedur gini, saya bisa merasa aman di jalan.  karena mereka yang benar-benar bisa berkendara lah yang mendapatkan surat ijin mengemudi.

Tidak ada komentar: