Kamis, Januari 28, 2010

tanya kenapa

belakangan, beberapa bulan terkahir ini, gw suka ditanya kenapa.
bikin gw mikir lebih jauh apakah tindakan2 gw logis dan bertanggung jawab.
pertanyaan paling gres pagi ini, dateng di grup fesbuk temen2 college gw.
kenapa orang suka dan mau jadi pns? gitu pertanyaannya.

well, abdi negara. bukan cita2 gw, tapi cita2 ortu gw sebenernya. dan insyaallah gw sudah mendapatkannya. seperti yg pernah gw bilang di posting gw yg sudah2 (entah di blog ini ato di blog gw yg lain), bahwa gw gak bercita2 punya profesi tertentu. profesi apa aja oke, karena gw yakin gw dikasih kemampuan sama Tuhan buat membereskan tanggung jawab yg dikasih ke gw. gw yakin gw bisa profesional. cita2 gw satu: keliling dunia. So, jadi abdi negara gak masalah sebenernya buat gw. meski mungkin sebagian orang udah terlanjur underestimate sama frasa yg satu itu.
they mite think:
...enak jadi pns, mau ongkang2 leha2, gaji tetep dikasih (baca: abdi negara cocok buat pemalas)
... gajinya berapa sih??? kalo gak korupsi gak bakal cukup (baca: abdi negara adalah sekolahnya para tikus rakus harta


kenyataanya, meski dulu gw juga sempat mikir kayak gitu, gw sekarang dikasih anugerah untuk menyandang profesi berkategori pns. kenapa gw mau? balik lagi ke pertanyaan temen gw tadi kenapa orang suka dan mau jadi PNS?. maka gw pun menjawab:

mau karena....
1. gw dah ikut rekrutmen banyak macem but failed, pas ikut tes cpns lolos.
2. ketika di NGO status internship, kontrak, tiap masa kontak mau habis deg2an.. diperpanjang gak ya... kalo pns kan damai selamanya... (insyaallah)
3. sepertinya ada peluang dapet beasiswa buat sekolah lagi, lumayan.. pendidikan gratis, naik titel, naek pangkat, peluang untuk meningktkan kelas sosial (alah)
4. sepertinya akan ada cukup waktu luang buat menjalankan hobi yang gak berhubungan sama kerjaan (kalo belum jadi pejabat)
5. bisa pindah kemana2 tanpa takut berubah status jadi pengangguran (misal: karena melu bojo)

hmm.. alasan yg diada2kan.. tapi cukup bisa dipake untuk menerima kenyataan bahwa gw akan jadi pns :)

kalo ditaya kenapa suka? belum tau, suka apa enggak. mudah2han suka.. karena sepertinya akan ada banyak kesempatan untuk memanfaatkan ilmu IKM untuk kemaslahatan umat manusia
**fyu... jawabnya ala miss universe

gw bilang tadi bahwa sebenernya ini cita2 (kebanyakan) orang tua di negeri ini.
kalo alasan orang tua kayaknya simple.. jaminan hari tua.. (duit pensiun)
tapi alasan itu tidak bisa diterima karena:
1. gak ada jaminan bahwa gw akan panjang umurnya serta mulia
2. gak jadi pns pun bisa punya jaminan hari tua. deposit aja yg banyak selagi muda. kejar tuh uang, kalo perlu jadi cewek matre *huh..huh..huh.. esmosi...*
alasan jaminan hari tua dengan terpaksa gw CORET!!

sejauh ini, gw akan menjalani ini dengan alasan2 gw sendiri, yang lima tadi. hmm... kalo nanti temen2 gw yang lain ngasih alasan yg menguatkan, boleh deh gw adopsi. sementara ini, lima saja dulu. cukup logis untuk sebuah kata kenapa.

Tidak ada komentar: