Jumat, Maret 08, 2013

tafsir mimpi: wangsit eyang soeharto

sementara beloved terjebak dalam kemacetan gara-gara aksi anarki dua kubu suporter di jalur surabaya-gresik semalem, saya nonton habibi dan ainun bajakan sambil setrika.
gambarnya kecil, tulisannya kabur, suara lirih.  hihihihi.  harap maklum, bajakan.  berbekal speaker aktif pinjeman dari teman di kamar sebelah, acara nonton pun jadi lebih lancar karena bisa sambil setrika sambil dengerin suaranya.

efeknya:
semaleman saya mimpi didatengin mbah soeharto.
presiden republik indonesia jaman saya masih sekolah dasar.
karena....
disamping terkesan sama 'sabarnya ibu ainun', saya terkesan dengan statement bahwa pada saat itu pak harto lagi giat melaksanakan pembangunan.  apapun cita-cita insinyur habibi akan didukung.
fyuuuhhhh...... rasanya ..... jadi bangga sama indonesia.
jadi agak ngefans sama pak harto.
pak harto ditinjau dari sudut pandang filim yang hanya sepintas itu: nampak sebagai seorang pemimpin yang keren.

indonesia tanpa pak harto:
(mungkin gak ada hubungannya sihhhh... tapi faktanya eman begini)
- masyarakat anarkis
- perempuan menjadi bodoh.  lebih suka jadi pelacur daripada jadi ibu
- lelaki menjadi bodoh. mencari harta kekayaan membabi buta --> masih KKN juga
- penyakin HIV/AIDS berkembang pesat

jadi... yang burengsuek itu sebenere ya..... kamu-kamu sendiri.  kita-kita sendiri.  hanya saja kita nggak suka disalahin jadinya mengkambing hitamkan orang lain atas ketidakberdayaan kita.

semalem,,, pak harto melakukan sidak dalam kehidupan saya.
meminta kami menanggalkan lalu membuang yang buruk-buruk, lalu ia memberi kami sumberdaya untuk memperbaharui kehidupan kami.
oh....
dengan ditulis begini saya jadi lebih memahami pesan dibalik mimpi.

Tidak ada komentar: