Selasa, Agustus 25, 2009

ada gula ada semut: nostalgia ramadhan

pemandangan umum saat ramadhan kayak gini adalah menjamurnya warung2 takjil. menjual aneka macam mamin manis segar untuk menu pembuka berbuka puasa. kolak pisang, kacang hijau, cendol, cincau, es campur.. dan berdasarkan laporan pandangan mata kemaren sore, menjelang dan saat berbuka puasa warung2 macam begitu ramai sekali dikunjungi pembeli. sementara warung2 makanan berat masih agak sepi. setau gw, berbuka dengan yang manis itu dianjurkan, karena makanan yg manis bisa ngasih suntikan glukosa di darah kita jadi kita gak lemes lagi gitu. gw juga pernah lihat tayangan di tivi, evakuasi korban bencana yg terjepit di reruntuhan gedung, menu 'berbuka' korban adalah kapas yg dibasahi air gula (kapasnya gak dimanakn... air gulanya aja yg dihisap) biar dia gak mati kehabisan tenaga. tapi.. ada tulisan menarik yg malah gak menganjurkan untuk buka puasa dengan yg manis2 karena bisa merusak kesehatan. check it out disini:

http://suluk.blogsome.com/2007/08/02/jangan-berbuka-puasa-dengan-yang-manis

kalo gw sih prefer berbuka dengan buah dan sayur sebagai appetizer, trus langsung makan besar.. meski teorinya makan kecil-sholat magrib-baru makan besar
kalo di rumah bondowoso, biasanya pohon mangga gw berbuah lebat di kala ramadahan, jadi santapan maknyus saat berbuka. ditambah sebaskom es campur buat orang serumah.. uwoh uwoh... sedap... trus makan bersama di dapur gw yg kecil mungil bersama ayahbunda dan adek gw... sambil rebutan es campur penghabisan... haduwh.. jadi kangen rumah ^^

kemaren, jam tujuh kurang (malem) belum sampe rumah, baru sampe terminal depok baru buat ganti angkot. trun di depan ramayana, pengennya beli es krim di salah satu resto junkfood disitu, tapi ada pemandangan yg beda.. tumpukan sepatu dan baju obral berganti tenda besar dengan kursi makan, berjejer meja2 dengan gelas berisi minuman dingin warna warni.. cukup menggoda mata... penasaran, gw menghampiri, melihat2 apa yg ada di sana dan menemui makanan2 berupa yummy. kaya di pujaseranya giant di jemursari surabaya. nasgor semi oranye dengan jangung pipil, kang polong, manis banget warnanya. berharap memiliki citarasa yg sama dengan masakan giant jemursari, gw pun memutuskan untuk mencoba nasgor dan capcay-nya... yang ternyata anyep abesss... masih lebih sip capcaynya pak misbah, langganan gw jaman kos di mulyorejo surabaya... waw.. jadi kangen kos2an ^^

flash back... ke masa lalu... sat puasa di kos2an
berhubung gak sempat masak karena malas dan gak gak sempat, andalan gw dan temen2 kost adalah warung prasmanan-nya bu cantik, yg makanannya murah dan variatif. tapi jam empat saat matahari surabaya masih terik kita udah harus antri.. biar bisa ambil bagian makanan terbaik.. fuh.. bener2 males keluar tapi harus jalan. tiap hari kamis sama ibu kost dikasih takjil gratis. biasanya es belewah ato es cao dan kadang2 ada kue2 kecil juga. suatu ketika, gw mengamati salah satu gelas plastik berisi minuman dingin gretongan itu.. samar2 gw lihat bayangan monster kecil.. hewan yg paling gw jijay... cicak. ewwwwwww... ternyata memang bener ada bangkai anak cicak di dalemnya... ewwwwwww.... yg lg asik minum langsung berhenti. takutnya cicak itu udah mencemari minuman kita dari baskom ibu kos, bukan barusan aja saat es sudah dihidangkan dalam gelas... ewwwwwww

Tidak ada komentar: