Senin, September 14, 2009

satellite traveller

bermula di suatu hari ketika ada e-invitation masuk ke notifikasi fesbuk gw.

temen gw yg mau tasyakuran pernikahan bulan depan mengirim event invitation dan juga menyelipkan google map yang menunjukkan dimana TKPnya. gw geser windownya, mencari posisi rumah gw dan ternyata lokasinya lumayan jauh juga. gw suka menampilkan gambarnya jadi citra satelit. kelihatan hijau coklatnya bumi pijakan gw ini. rumah gw? hijau dunk!! secara masih banyak kebun dan sawah di sekitar situ. yang paling keren, di satu titik ada garis batas nyata gelap dan terang. sepertinya sedang ada proses pergantian hari. hyuuu… keren banget dah. subhanallah!!

puas melihat kota gw dari satelit, gw pun melangkahkan kaki ke hyderabad, sebuah kota di india sono yg dari satelit kelihatan silau banget. asli silau! kayanya atap rumah orang2 disana dibikin dari aluminium, memantulkan sinar matahari gitu. panas mata gw melihatnya. bukan tempat bagus buat jalan2 via satelit. kaburr.. kaburr… kabur ke new york.

new york dari satelit: rapi jali!! jalan yg lurus bener2 lurus, yg bunder ya bunder, melingkar2 rapi gitu. bener2 tata kota yang keren. trus, ketika ikon orang bewarna kuning gw bawa ke jalan (drag me to street, tulisannya) dan gw klik street view, bener2 keren… gw bisa lihat bangunan dari depan bangunannya!! gak cuma dari atas… satelitnya udah terintegrasi dengan kamera2 di jalanan new york. wiuww… keren!!! dan dengan semangat katrok 45 gw pun melontarkan ketakjuban gw: “wuih, bisa dilihat dari jalan juga!! gak cuma dari atas!”
bos gw yang kebetulan mengetahui kegiatan wasting time gw itupun mulai tertarik. secara beliau dulu pernah lama tinggal di new york. gw pun dikasih alamat tempatnya dulu tinggal, gw tulis di kolom search, dan… tadaa… muncullah apaetemen tempat tinggal bos gw berpuluh tahun silam yang masih bener2 sama! gak ada secuilpun perubahan disana. red bricks wall, parkiran mobil yg begitu, play groun yang masih begitu, de.el.el yg masih sama seperti berpuluh tahun lalu. trus bos gw yang tiba2 dilanda rindu kampung orang, memberi gw alamat sekolah anaknya disana jaman kecil dulu, dan alamat kantornya. menceritakan kisah2 pendek disana. yah.. jadilah kita berjalan2 di new york bersama2.. sementara di ujung sana, temen kerja gw memilih tuk berjalan2 di jogja, dan asisten bos gw juga ke amrik di bagian yang lain, ketempat dia dulu menghabiskan masa kecil hingga remajanya.

di bagian amrik yg lain, daerah perumahan: gak bisa street view. cuma dari atas aja lihatnya. menurut kesaksian, kondisinya juga gak berubah dibanding satu-dua puluh tahun lalu. bak pasir mainan yg masih disitu, rumah2 yang masih begitu, tempat laundry yg tetep aja lokasinya, tapi katanya makin banyak rumah yg punya kolam renang sekarang…

gw gak nyangka citra satelit biosa sekeren itu!! sebelumnya sih gw cuma lihat kota gw sendiri kalo pas rindu rumah. gak kelihatan apa2, selain atap rumah gw yg ukuran maksimalnya gak sampe setengah milimeter. ternyata.. kalo di negara maju zoomnya bisa lebih deket dan detil… itu mata kamera… bikinan manusia… belum lagi mata Tuhan, yang Maha melihat, pasti jaaaaaauuuuhhh lebih dahsyat!!

btw, kapan yah gw mulai bisa melihat negri2 itu secara langsung dengan mata kepala dan mata kaki gw? semoga gak lama lagi!!! amiinn……

Tidak ada komentar: