Rabu, November 04, 2009

villageventure

minggu pagi, temen gw janji mau jemput jam 6.30,,
sebelumnya gw pastikan padanya, "bebrarti jam tuju dung?!"
dengan mantapnya dia bilang bahwa kali itu dia ontime... nyatanya... karet teteup karet.. udah gw bela2in sarapan mi instant biar kalo dia dateng kita udah siap berangkat, eh.. ternyata dia baru datyeng jam setengah delapan.. capaidweeee...

kita jalan ke taman krocok, sebuah desa yang menurut gw lumayan jauh juga dari kota. disana bakal diadain rafting yang diikuri oleh bupati bondowoso, wagub jatim, dan beberapa perangkat desa, dalam rangka mempromosikan tempat wisata arungjeram bosamba (bondowoso sampean baru) yang bolju (boleh juga).

menuju sungai, gw harus menuruni mm.. apa yah namanya.. pokoknya gw harus turun jauh sekali ke bawah. melewati jalan setapak yang sebagian landai sebagian curam. panas banget jalannya, padahal masih jam sembilan pagi. di bawah sana, sudah cukup ramai orang. sebagian diantaranya mandi dan nyuci disitu, di sumber dan di pinggir sungai. gw lihat hampir semuanya adalah wanita. gw sempat heran banget, mereka santai ajah mandi di tempat terbuka macem begitu. telanjang dada pula. padahal di ujung sana dan sana gak sedikit cowok2 yang lalu lalang, mau nonton rafting. menurut temen gw yang udah beberapa bulantinggal disana, buat mereka uratnya cuma alat kelaminnya aja.. hmmmm....

dua jam kemudian, beberapa perahu rafting mulai lewat. penonton yang udah nunggu dari tadi mulai mendekat ke sungai. gw ma temen gw naik ke atas batu besar di pinggir sungai.. di sebelah gw ada nenek2 mandi.. sahmpoonya pake sabun colek, hahahahay... sementara di sebelah sana lagi juga ada nenek2 mandi yg sempat akan kesenggol perahu rafting. waaaa... langsung heboh.. karena nenek2 itu lari2 menjauh dengan lucunya. salah satu kelompok yang kayanya berisi pejabat kabupaten, sempat menepikan perahu karetnya ke pinggir sungai, minta air.. airr... airr... salah seorang warga dengan sigapnya langsung berlari menuju sumber yang gak jauh dari situ, tapi... sama bu bidan desanya dditereakin "wooi.. gak usah.. bapak itu gak minum air mentah!!! maunya air aqua". yup.. orang2 situ memang minumnya air sumber, tanpa dimasak terlebih dahulu.. tapi mereka sehat dan kuat loh!!!

jam duabel;as siang, semua peserta udah lewat, jadi.. satnya pulang. kali ini harus naik2 ke puncah gunung. baru separuh perjalanan, nafas gw udah tinggal setengah. jantung gw bekerja keras..ingin istirahat tapi gak ada tempat teduh. padahal gw gak bawa apa2 loh!! cuma membawa diri. padahal sehari2 ibu2 naik turun ke sungan sambil bawa cucian segambreng (dibawa di kepala) juga bawa anak buat dimanddin sekalian.. kadnag2 juga bawa kambing!! ohmaiGod.. kuat banget yah mereka!! gw gak bisa bayangin kalo gw harus tinggal disitu, hidup yang berat!!!!

3 komentar:

Jaka Umbara mengatakan...

hrusnya jangan liat aja, ikutan jadi gak ngebosenin.

Jaka Umbara mengatakan...

kerja di mana skrng rahma?

Jaka Umbara mengatakan...

skrng tinggal dmn? boleh mampir gak ke bondowoso?