Rabu, Juli 29, 2009

chicken soup for religious soul

tempo hari temen gw cerita kalo dia ikut pengajian..
gw pun jadi inget kisah ini.

a loooooong time ago, gw punya adek kecil
(sekarang smasih punya, adek yg sama, cuman udah mayan tua juga)
di suatu ramadhan, sekolahnya ngadain pesantren ramadhan.
anak es.de itu nginep di sekolahan..
di suatu sore yg cerah, menjelang buka puasa,
gw dan bokab dateng ke sekolahan adek gw
(dalam rangka pa,ya? gw lupa), yg jelas adek gw curhat:

adek: **wajah sedikit ditekuk**
bokab: kenapa?
adek: tadi katanya ada santapan rohani, adek kira makan2, ternyata ceramah!!!
gw+bokab: ::cekakakan:: ::cekakakan::

kejadian aneh juga pernah gw alami pas gw ikut pengajian di kediri
(niat banget, kan, gw... ke kediri pun gw bela2in demi pengajian*)
yg hadir banyak banget, disiarin juga di tv lokal sana.
padahal acaranya malem banget.. dwingin.. hanya beralah tikar, beratap langit..
tapi para jamaah teteup semangat, termasuk gw..
karena kiainya informatip banget!!

jamaah1: **aa' curhat dong** pak kiai, saya ini sering banget kehilangan sandal. pas ada acara di pendopo bupati, sandal saya hilang. ikut ziarah wali, sandal saya juga hilang. gimana ya, pak kiai, biar saya gak sering kehilangan sandal?
kiai: kalo ke acara jangan bawa sandal (nooohhh... informatip bgt, kan!!)
jamaah2: (seorang pemuda yg kayanya sebaya gw) pak kiai, saya ini punya sawah yang akan panen. amalan apa yg harus saya lakukan agar sawah saya tidak diganggu burung?
kiai: amalannya gampang banget, mas. kamu lari2an aja keliling sawah sambil teriak2. pasti burungnya kabur. :))

paya.paya.paya.
untuk beberapa kasus, selain memberi tips n trik gokil, pak kiai juga ngasih tau doa2 apa aja yg bisa dibaca untuk ..mm.. apa ya tepatnya.. semacem menangani kasus yg ditanyain gitu lah.
gw sih gak begitu yakin dan paham masalah begitu. kok kalo manut (baca doa2 yg dianjurkan biar gak kehilangan barang, misalnya) rasa2nya kayak baca mantra aja. Tuhan gw maha baik, kok. gak perlu baca mantra2 yg gak jelas Tuhan gw udah pasti ngerti apa yg gw mau.

btw, gw juga pernah dikasih 'jimat' gitu dari kiai dan disuruh puasa buat memperkuat khasiatnya (menjaga gw dari kejahatan ghaib). tapi gw gak mau pakai... sampe otot2an sama bokab dan nyokab. sekali tak mau tetap tak mau...


*) oops, aslinya gw kesana dalam rangka ketemu sepupu gw, mau benerin leptop :D
dan kebetulan di suatu malemnya ada pengajian.. ikutan dwe...

Tidak ada komentar: